Assalamu'alaikum wr.wb

Al Farras didirikan pada tahun 2004, bermula dari seorang dermawan yang tinggal di Komplek Taman Laguna - Cibubur. Sebuh cita - cita mulia yang di idam - idamkan sejak kecil semoga kelak dapat mendirikan sebuah taman pendidikan Al Qur'an untuk membantu anak - anak dalam belajar al qur'an, belajar tata cara ibadah, dan mengenal para sahabat juga nilai - nilai islam lainnya.

Awal didirikannya Al farras yang di bangun diatas tanah seluas 400 M2 yang di beli dari warga sekitar taman laguna. Dibangunlah tempat belajar dari komponen kayu dan beratapkan serambi, dengan alasan ingin menciptakan nuansa alami. Ruang belajar yang dikelilingi kolam ikan dengan sirkulasi air dan suara gemericik air membuat nuansa  yang lebih nyaman. Selain bangunan dan suara gemericik air di sekitar tempat belajar difasilitasi taman bermain, taman burung dan bentangan rumput yang hijau serta pepohonan yang dibiarkan tetap menjulang kelangit.

Pada bulan juni 2004, diresmikanlah tempat belajar tersebut dengan di hadiri tokoh masyarakat, alim ulama, serta aparatur pemerintah setempat. Kemeriahan, kegembiraan masyarakat dalam menyambut berdirinya taman pendidikan al qur'an yang di beri nama " Taman Pendidikan Al Qur'an Al Farras". 
Pesan  dari pendiri al farras adalah :
  1. Bahwa al farras ini didirikan untuk membantu anak - anak dalam belajar al qur'an
  2. Tidak ada pungutan biaya dalam belajar sampai kapanpun ( GRATIS )
  3. Sebagai pemersatu ummat 
  4. Peran masyarakat dalam menjaga kelangsungannya senantiasa di harapkan.
Demikian titipan amanah yang disampaikan pendiri Al Farras kepada pengurus, masyarakat dan tokoh ulama, al farras adalah sebuah ladang yang di bangun untuk mencari pahala, hadir karena Allah ta'ala.

Tahun pertama Al Farras dibuka dengan di bina oleh dua guru pembimbing Ibu Nining Rismiyanti dan Ibu Aas Nurasyiah yang telah memiliki dasar bagaimana mendidik anak - anak untuk belajar Al Qur'an. Santri yang diterimapun target 50 anak tapi antusias masyarakat untuk meamanahkan anaknya cukup tinggi sehingga mencapai 100 santri lebih. Santri Al Farras berasal dari warga komplek taman laguna juga masyarakat sekitar komplek, ini adalah strategi yang dibangun oleh pendiri Al Farras bahwa dalam belajar AL Qur'an tidak perlu adanya kejenjangan sosial. Dan Al hamdulillah berbaurnya santri antara komplek dan luar komplek sangat indah sekali.

Kini usia Al Farras sudah mencapai 12 tahun, nuansa belajar, tetap terjaga dengan baik. Kemampuan santri tercapai sampai yang di harapkan. Perkembangan - perkembangan yang di capai sampai saat ini adalah :
  • Area belajar mencapai 1800 M2
  • Berbadan hukum dengan nama " Lembaga Al Farras "
  • Memiliki Izin Operasional dari Departemen Agama sejak tahun ke-2
  • Jumlah santri stabil 135 - 250 anak / tahunnya
  • Binaan al farras kini telah menghantarkan mampu untuk menjadi pendidik
  • Prestasi santri hampir ratusan tropi lomba didapatkan
  • Juara Umum lomba antar TPQ diraihnya juga.
  • Kini telah dibuka juga untuk ibu-ibu
  • Kelas sabtu dan ahad untuk santri yang tidak memiliki waktu di hari belajar
  • Kelas khusus untuk anak - anak yatim
Demikian sejarah singkat Al Farras, mohon do'anya semoga tetap istiqomah dalam mengemban amanah untuk mendidik anak - anak, remaja dan orang tua dalam mensyiarkan islam.

Wassalamu'alaikum wr.wb