Parade tasmi'

Posted under Room Guru on : 07/11/2014 09:50:23

Pada hari kamis 13 Muharram 1436 H bertepatan tanggal 6 November 2014 adalah hari dimana al farras disibukkan dengan satu agenda yang baru di louncing yaitu tasmi' Al Qur'an. Satu kegiatan yang di canangkan oleh al farras dalam rangka uji publik atas hafalan Qur'annya.

Persiapan telah dilakukan sejah awal pekan dengan mengundang seluruh santri untuk dapat menyaksikan kegiatan tersebut. Kegiatan tasmi' ini diselenggaran dalam satu hari yang terbagi dua waktu yaitu pada pagi hari dari jam 08.00 sampai selesai untuk santri yang belajar pada pagi harinya. Peserta yang ikut pada parade tasmi' di pagi hari diikuti 12 anak dari 35 santri yang belajar. Antusias santri cukup tinggi sebagai ajang pelatihan. Di awali dengan pembukaan oleh ibu siti maisaroh dan dilanjutkan tilawah oleh santri juga sambutan kepala sekolah ibu nurmasari sebagai tanda dibukannya kegiatan tasmi' di al farras.

Santri pun di panggil satu persatu untuk naik panggung untuk membacakan surat Al Fatihah s/d Al Fiil. Al farras sebagai awal ini ditetapkan 10 surat karena kondisi waktu dan jumlah peserta. Karena kegiatan tasmi' ini akan dilakukan setiap bulan sekali sehingga akan memotivasi santri untuk berlomba - lomba untuk yang terbaik.

Alhamdulillah, 12 santri yang diujikan bisa menyelesaikan bacaannya walaupun ada beberapa yang minder, tapi patut di beri apresiasi atas kemauannya untuk pentas diatas panggung. Parade tasmi' inipun dinilai oleh dewan guru untuk mengetahui potensi santri kelebihan dan kekurangannya, juga sebagai bahan evaluasi dalam KBM.

Pada siang harinya kegiatan serupapun dilakukan untuk santri yang belajar siang dan sore harinya. Walaupun bebeda dengan yang pagi kalau sore anak - anak dipanggil 4 orang karena jumlah peserta lebih banyak dari yang pagi. Kegiatan yang dibuka oleh ibu Lulu dan tilawah santri acara dimulai jam 13.15 . Dan Alhamdulillah kegiatan tasmi' qur'an yang dilakukan perdana berjalan dengan lancar, yang insya allah hasil penilaian akan diumumkan pada hari senin mendatang.