Kunjungan Pesantren tahfidz

Posted under Room Guru on : 07/11/2014 10:57:00

Silaturrahim antar lembaga qur'an itu sangat perlu untuk saling bercerita tentang kondisi masing - masing lembaga. Dewan guru TPQ Al farraspun melakukan kunjungan ke sebuah lembaga qur'an yang ada di daerah depok - jawa barat.

Dengan mengendarai kendaraan operasional al farras dewan guru berangkat dari al farras pada pukul 07.30 dengan harapan agar tidak kena macetnya lalu lintas kota. Al hamdulillah perjalanan lancar yang dapat ditempuh 45 menit. Sesampainya di lokasi dewan guru disambut oleh ibu guru yang bertugas guru piket.Kamipun di bawa keruang khusu untuk tamu, bertemu dengan pimpinan lembaga tersebut. Sambil menunggu pimpinannya guru piketpun menemani kami sambil memberikan gambaran awal, Yang dimulai dari perkenanalan sekolah sampai pada proses penmbelajaran. Yang ditunggu - tunggupun datang seorang bapak yang masih muda hadir diruangan perpustakaan yang biasanya untuk menerima tamu yang skala banyak.

Pimpinan lembaga pun mempersilahkan untuk dimulai, maka di bukalah pertemuan itu oleh ibu nining rismiyanti sebagai koordinator team dari al farras. Dari pembukaan, memperkenalkan personal team yang hadir, dan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan ke lembaga tersebut. Alhamdulillah kehadiran team diterima dengan baik walaupun pertemuan itu sifatnya hanya sebatas diskusi yang sebenarnya pihak al farras ingin melihat langsung proses pembelajaran, tapi karena kebijakan lembaga tidak diperkenankannya untuk melakukan peninjauan secara langsung khawatir mengganggu maka kami hanya sebatas diskusi.

Pimpinan lembagapun menguraikan secara rinci tentang system pembelajaran yang dilakukan di lembaga tersebut. Dewan gurupun antusias mendengarkan dan bertanya dengan beberapa hal yang berkenaan dengan proses pedidikan. Dari awal mulai masuk sampai pada kegiatan - kegiatan pembinaan orang tua dan lingkungan.

Ada beberapa catatan yang penting dalam kunjungan tersebut antara lain :
  • Sekolah itu sifatnya membantu orang tua
  • Perlu adanya kerjasama yang baik antara orang tua dengan pihak sekolah
  • Adanya kepercayaan sepenuhnya kepada sekolah dalam mendidik anak
  • Ada peraturan yang tegas baik untuk anak ataupun orang tua
  • System pendidikan yang mengacu pada qur'an dan hadits sehingga dalam mengambil nama baik tempat, program itu memiliki filosofi
  • Dalam proses pendidikanpun lebih mengedepankan akhlaq

Kurang lebih kunjungan itu dilakukan selama 2 jam akhirnya dewan gurupun berpamitan meninggalkan area lembaga qur'an tersebut. Insya allah hasil dari kunjungan akan menjadi motivasi guru dalam melakukan pendidikan di al farras kedepan untuk mendapatkan yang lebih baik.