Sebuah Konsep Hidup

Posted under Artikel on : 27/08/2014 14:50:58

Fathimah r.a. berkata : (Pada suatu malam) Rasulullah SAW pernah bertamu ke rumahku dan aku sudah naik ke ranjang untuk tidur malam. Ia berpesan: "Wahai Fathimah, janganlah engkau tidur kecuali setelah melakukan empat hal: mengkhatamkan Al Quran, menjadikan para nabi a.s. sebagai pemberi syafaatmu, menjadikan mukminin rela terhadap dirimu dan melaksanakan haji dan umrah".
Setelah berkata demikian, ia langsung melaksanakan shalat. Aku sabar menunggunya hingga ia menyelesaikan shalatnya. Setelah menyelesaikan shalatnya, aku bertanya: "Wahai Rasulullah, engkau memerintahkanku untuk melaksanakan empat hal yang tidak mungkin dapat kukerjakan dalam kondisi seperti ini?"
Ia tersenyum seraya berkata: "Jika engkau membaca  'qul huwallaahu ahad' (maksudnya membaca surah al-ikhlash -- pen.) sebanyak tiga kali, maka kamu telah mengkhatamkan Al Quran, jika engkau bershalawat kepadaku dan kepada para nabi sebelumku, maka kami akan memberikan syafaat kepadamu pada hari kiamat, jika engkau beristigfar untuk mukminin, maka mereka akan rela terhadapmu, dan jika engkau membaca 'subhaanallaah wal hamdulillaah walaa ilaaha illallaah wallaahu akbar' engkau telah mengerjakan haji dan umrah".