Kepribadian yang baik

Posted under Artikel on : 04/11/2014 08:14:42

Islam adalah dien yang sangat indah dan patut disyukuri atas ajaran dan tuntunanya, Kenapa? Karena islam memberikan arahan kepada pemeluknya dari mau tidur sampai tidur kembali . Artinya ketika ummat manusia mengikuti petunjuk dan ajarannya insya allah akan di berikan balasan yang indah.

Saya teringat ketika mendapatkan satu materi tentang membentuk pribadi muslim yang baik. Berawal dari alas kaki baik sendal ataupun sepatu, yang mana pada artikel sebelumnya sudah diangkat. Tapi, pada kesempatan ii perlu kiranya saya sedikit menceritakan tentang ilmu yang saya dapatkan. Pada saat itu kurang lebih 30 orang mengikuti pelatihan beladiri praktis, sebelum dimulai sang guru mohon izin untuk duduk di atas kursi agar dapat melihat peserta yang di belakang. 

Setelah mengucapkan salam, yang pertamakali disampaikan adalah bahwa dalam pelatihan kali ini bukan hanya untuk memberikan tentang bagaimana peserta dapat memukul atau memiliki strategi dalam bertarung tapi yang utama yang akan saya bentuk adalah bagaimana peserta memiliki kepribadian yang baik. Sehingga harapannya ketika anak didik memiliki kepribadian yang baik maka akan menjaga ilmunya untuk tidak digunakan sembarangan. 

Yang kedua sang guru melihat alas kaki yang ada diluar pimtu berantakan, maka setelah materi pertama saya minta kesepakatan nanti tidak ada lagi alas kaki yang berantakan. Jangnlah berbuat dholim pada alas kaki itu walau itu posisinya ada di bawah selalu diinjak yang punya dia telah menjaga kesucian kita dari najis, dia menjaga keabsahan sholat kita, untuk itu hargailah dia berilah tempat yang nyaman. Dan jangan pula ketika melepas alas kaki jangan mengganggu alas kaki yang lain. Subhanallah sebuah teguran bagi peserta pelatihan.

Selain membahas tentang alas kaki sang guru juga menyampaiakan bagaimana adab duduk yang benar, duduk yang sehat dan duduk yang siaga. Begitu juga bagaimana cara berdiri dari duduk. Lagi - lagi ilmu yang diberikan kepada peserta jarang didapat, contoh cara duduk yang indah dan nyaman dilihat tidak ada suara yang gaduh, tidak mengganggu kanan - kiri , depan atau belakangnya. indahnya adab islam itu sungguh menakjubkan.

Ketika ummat ini terbiasa dengan adab yang baik maka akan tercipta pribadi - pribadi yang berkepribadian yang baik, ketika setiap orang tindak mau mendholimi alas kaki insya allah tidak akan mendholimi yang memakai alas kaki. Dan masih banyak adab - adab islam dalam keseharian kita insya allah akan kami sajikan pada kesempatan lain.